Select Menu

Disciples Menulis

Opini

Artikel Tamu

Inspirasi

Perspektif

Nasihat

» » Mengabdi untuk Sesama

Sibuk mengurus umat, itulah yang dirasakan Rina Rosia, salah satu mahasiswi Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Rina, sapaan akrabnya, tidak hanya sibuk dengan kuliahnya sebagaimana mahasiswa pada umumnya, tetapi juga sibuk mempersiapkan generasi penerus masa depan bangsa Indonesia.
“Sibuk banget pokoknya. Semoga saja tidak sok sibuk,” jelas Rina dengan nada bercanda kepada Tribun Jateng, Minggu (14/12).
Dara kelahiran 15 Desember 1992 (hari ini adalah hari ulang tahun yang ke-22) itu memiliki segudang aktivitas keumatan. Sebagai direktur di Lembaga Kajian Islam dan Feminisme (LKIF) Kota Semarang, Rina sering mengadakan literasi kesetaraan gender kepada masyarakat.
Selain itu, menjabat sebagai sekretaris direktur di Monash Institute Semarang, sebuah lembaga nirlaba yang fokus dalam pembinaan calon pemimpin masa depan, membuat Rina sering berpusing-pusing. Tidak jarang Rina berkontemplasi sejenak.
Ya, namanya juga mengurus orang lain, pasti tidak semudah mengurus diri sendiri. Apalagi mereka memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Tentu saja lebih sulit,” jelas Rina.
Tetapi bagi dia, itulah hidup. Tanpa kesulitan dan cobaan, hidup tidak akan terasa indah. “Sebagai khalifah di muka bumi, manusia punya kewajiban mengabdikan dirinya semata-mata kepada Tuhan. Tentu ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam rangka menjalankan tugas itu,” papar gadis semester tujuh itu.
Di Monash Institute, Rina memiliki banyak teman yang memiliki cara pandang yang hampir sama. Rina yang bercita-cita menjadi bupati Pati, selalu berusaha agar dirinya punya arti bagi orang banyak.
Bagi mahasiswi kelahiran Pati itu, hidup tidak sekedar untuk diri sendiri. Lebih dari itu, manusia harus bermanfaat bagi sesama. “Nabi pernah berkata, sebaik-baik manusia adalah mereka yang memberikan manfaat kepada manusia lain. So, mari kita buat diri kita bermanfaat sebesar-besarnya untuk orang lain,” ajak Rina.

Sebagai remaja yang berusia 22, tentu Rina tidak melewatkan begitu saja masa mudanya, sebagaimaa remaja lainnya. Rina memiliki banyak koleksi jilbab dan busana muslim modern. “Suka aja sih, melihat diri sendiri tampak cantik. Coba lihat, cantik tidak?” kata Rina menggoda Tribun Jateng. (Mokhamad Abdul Aziz ).
Tribun Jateng, 16 Desember 2014

About Mokhamad Abdul Aziz

Penulis lepas, Direktur Eksekutif Monash Institute Semarang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply